7 Langkah Menciptakan Tim Yang Sukses Lewat Kegiatan Team Building

0 17

Kegiatan team building adalah peluang berharga yang bisa diambil untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja pegawai perusahaan Anda. Karena kegiatan ini memungkinkan Anda dan tim Anda untuk beristirahat dari rutinitas kantor, tapi sambil mengembangkan kemampuan kolaborasi dan mengasah keterampilan interpersonal. Manfaat yang timbul dari kegiatan team building adalah, meningkatnya kepercayaan, interaksi positif di tempat kerja, dan peningkatan moral dan motivasi pegawai.

Setiap perusahaan merencanakan programnya secara berbeda, dan tidak semua menghasilkan hasil yang diinginkan. Jadi, jika Anda berencana untuk melaksanakan kegiatan team building perusahaan, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut supaya mencapai hasil yang diinginkan.

1. Tetapkan alasannya
Mengapa Anda melaksanakan kegiatan team building? Apakah untuk mengembangkan budaya perusahaan baru, menyambut pegawai baru, atau mencari proses baru untuk meningkatkan etika dan etos kerja? Berikan karyawan Anda sesuatu yang dapat mereka ingat selama acara berlangsung dan sesudahnya. Ini akan membantu Anda memiliki topik pembicaraan atau pengalaman yang bisa dibagikan dengan rekan kerja Anda nanti. Ditambah lagi, mengetahui alasannya juga merupakan faktor pendorong bagi mereka untuk bergabung dalam kegiatan.

2. Dorong kolaborasi, bukan kompetisi
Buat game di mana karyawan Anda harus saling bekerja bersama, bukan melawan satu sama lain. Jika Anda memiliki terlalu banyak kegiatan yang mendorong kompetisi, mereka mungkin akan buta terhadap pesan inti dari kegiatan team building dan malah fokus pada kemenangan. Meskipun tidak terhindarkan untuk membagi anggota Anda menjadi kelompok yang berbeda, biarkan mereka fokus pada teknik unik dalam menyelesaikan masalah daripada menang melawan tim lain.

3. Hubungkan setiap kegiatan ke suatu tujuan
Tunjukkan apa yang Anda ingin tim Anda pelajari dengan menyusun kegiatan yang memiliki tujuan spesifik. Misalnya, Anda mungkin ingin mengasah kemampuan tim Anda untuk mengikuti arahan, menyempurnakan keterampilan pemecahan masalah mereka, atau mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. Cara ini akan merampingkan kegiatan Anda, dan Anda akan dapat menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan ke tim Anda dengan lebih baik.

4. Jadikan kegiatannya inklusif
Kegiatan team building biasanya mencakup beberapa perlombaan atau olahraga agar menyenangkan. Meskipun format-format itu standar, Anda mungkin harus mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas yang sangat fisik. Beberapa anggota tim Anda mungkin memiliki masalah kesehatan yang dapat mencegah mereka untuk berpartisipasi, dan pastiya hal ini tidak Anda inginkan.

5. Adakan di tempat dengan pemandangan yang berbeda
Akan menjadi ide yang lebih baik jika Anda mengadakan aktivitas team building di luar gedung dan ruang kantor Anda. Tempat yang baru dengan pemandangan yang indah juga dapat menjadi area rekreasi untuk tim Anda dan bersantai di sela-sela istirahat permainan, dan menciptakan kesempatan untuk terjadinya percakapan secara alami. Anda dapat memilih lokasi dengan nuansa alam, sehingga Anda semua dapat menikmati waktu tanpa gangguan.

6. Perlakukan setiap orang dengan hormat
Hanya selama durasi aktivitas Anda, lepaskan hierarki dalam perusahaan. Buat semua orang di tim Anda merasa mereka setara dan semuanya penting dalam keberhasilan bisnis Anda, termasuk anggota baru perusahaan.

Buat mereka didengar. Dorong mereka untuk menyarankan ide-ide baru, pendekatan manajerial yang mudah, dan jadilah diri mereka sendiri. Ini adalah langkah penting untuk membangun kepercayaan dan keterbukaan dalam kelompok. Kembangkan suasana di mana semua orang merasa nyaman.

7. Kumpulkan feedback dari tim Anda
Jadwalkan waktu untuk berbicara tentang pengalaman Anda setelah kegiatan dan bagaimana hal tersbeut bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik. lalu berikan kesempatan yang serupa pula kepada masing-masing pegawai Anda.

Anda juga bisa memilih untuk membagikan survei anonim setelah beberapa hari sehingga Anda bisa mendapatkan feedback tanpa filter dari semua orang di tim. Gunakan feedback mereka untuk meningkatkan kegiatan team building Anda selanjutnya.

Jangan lupa bersenang-senang saat berada di acara team building! Bagaimanapun, kuncinya di sini adalah tetap lebih dekat dengan anggota tim Anda dan menciptakan rasa persahabatan yang lebih luas yang diharapkan akan terbawa ke kantor.

Jika Anda tertarik untuk melangkah lebih jauh, Anda dapat bekerjasama dengan kami untuk mengadakan kegiatan team building yang produktif namun menyenangkan. Kami berpengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan team builing dan menyiapkan tim untuk meraih kinerja yang tinggi dan memperkuat kepercayaan pada program perusahaan untuk membangun hubungan kerja yang positif di perusahaan Anda.

Dengan Anda siap melangkah lebih jauh, maka Anda siap untuk membuat tim Anda membangun kesuksesan besar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.